SELAMAT DATANG di JA'FAR'S BLOG... Semoga Blog Ini Bisa Bermanfa'at Untuk Kita Semua...aamiin.... "ISLAM IS MY LIFE"
Home » » Apa Itu Bid'ah

Apa Itu Bid'ah

Senin, 07 Januari 2013 | 0 komentar


Apakah Semua Hal yang Baru itu Bid'ah..???
Dalam kesejarahannya, sekian abad Kaum muslimin Indonesia hidup rukun penuh toleransi dalam bingkai Syari’at Islam yang sempurna, adil dan kontekstual. Mereka saling menghargai, saling membantu dan saling menguatkan. Sejarah indah ini pernah dioperankan oleh beberapa tokoh yang akhirnya kini lebih dikenal dengan sebutan Wali Songo.
            Kenangan indah itu kini terkoyak oleh arogansi intelektual yang membonceng semboyan “Tajdid” (pembaharuan) Islam. Bahkan disusul dengan hadirnya suatu masa dimana gerakan Tajdid menebar teror bid’ah, khurofat bahkan syirik pada kemapanan tradisi yang selama ini telah berjalan dengan baik. Akhirnya muncullah permusuhan dan persaingan tidak sehat antar kelompok kaum Muslimin itu sendiri.
            Banyak yang melatarbelakangi munculnya situasi dan kondisi seperti ini. Salah satunya antara lain adalah pemahaman terhadap konsep bid’ah. Perihal klaim bid’ah satu kelompok terhadaplainya biasana, mengkait-kaitkan dengan Hadits Nabi, yang mana Beliau bersabda:
وَشَرُّ الْأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ مُحْدَثَاةٍ بِدْعَةٌ وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ وَكُلُّ ضَلَالَةٍ فِي النَّارِ
“Sejelek-jeleknya perkara adalah perkara yang baru. Setiap perkara yang baru adalah bid’ah. Setiap bid’ah adalah sesat dan setiap yang sesat didalam neraka.”
            Hadits ini dikalangan ulama telah menimbulkan perbedaan penafsiran. Bagi mereka yang berpandangan harfiyah (tekstual) langsung saja menyimpulkan bahwa setiap perkara yang baru yang tidak ada perintahnya secara langsung baik dari Al-Qur’an maupun Al-Hadits dan juga tidak pernah dikerjakan oleh Rasulullah saw, adalah bid’ah yang sesat (bid’ah dlolalah) walaupun dipandang baik oleh kaum muslimin. Sedangkan bagi mereka yang berpandangan luas (kontekstual), yakni mereaka yang tidak tergesa-gesa mengambil kesimpulan dari suatu dalil melainkan setelah mengaitkannya dengan beberapa dalil-dalil yang lain, baik secara tersurat maupun tersirat, mereka ini tidak sekaku kelompok awal tadi.
            Madzhab tekstual sangat ketat dan kaku dalam mengukur sebuah amaliah ibadah. Bagi madzhab tekstual, walaupun sesuatu perbuatan yang dikerjakan itu hal yang baik tatapi tidak ada petunjuk atau tuntuna dari Rasulullah Saw, maka amaliah semacam ini dianggap bid’ahdlolalah. Contoh : Membaca al-Qur’an dengan niat pahala bacaannya dihadiahkan kepada mayit. Kita tahu bahwa membaca al-Qur’an adalah ibadah, Tapi “menghadiahkan pahala bacaan al-Qur’an kepada mayit”, dalam pandangan mereka, adalah tatacara yang tidak pernah diajarkan oleh Rasulullah Saw. Maka praktek ibadah seperti ini disebut bid’ah.
            Sebaliknya medzhab kedua (kontekstual), mereka tidak serta-merta menyimpulkan bahwa setiap yang baru, yang tidak ada petunjuk langsung secara tekstual dari Rasulullah Saw adalah bid’ah yang sesat. Akan tetapi bid’ah yang sesat itu adalah perkara-perkara baru yang bertentangan dengan Kitabullah dan Sunnah Rasulullah Saw. Dan itulah yang oleh sebagian ulama’ dikatakan sebagai bid’ah sayyi’ah atau bid’ah yang jelek. Adapaun perkara-perkara baru yang tidak bertentangan dengan Kitabullah dan Sunnah Rasulullah bahkan kalau ditelusuri justru bersesuaian dengan ruh syari’at, makatidaklah ia dikatakan sebagai bid’ah yang sesat sebagaimana disebutkan dalam hadits itu melainkan bid’ah hasanah atau bid’ah yang baik.
            Untuk pencerahan pemahaman tentang bid’ah dan pembagian bid’ah dalam beberapa macam, perlu saya kutip beberapa pendapat ulama’ yang memang pakar dalam bidang ini.
1.      Imam Syafi’i. Pandangan beliau tentang masalah ini terdapat dua riwayat yang menerangkannya. Pertama, riwayat dari Abu Nu’aim, dimana Imam Syafi’i berkata:

الْبِدْعَةُ بِدْعَتَانِ بِدْعَةٌ مَحْمُوْدَةٌ وَبِدْعَةٌ مَدْمُوْمَةٌ فِيْمَا وَافَقَ السُّنَّةَ فَهُوَ مَحْمُوْدَةٌ وَمَا خَلَفَهَا فَهُوَ مَدْمُوْمٌ
            “Bid’ah itu ada dua macam, bid’ah terpuji dan bid’ah tercela. Bid’ah yang sesuai dengan Sunnah maka itulah bid’ah yang terpuji sedangkan yang menyalahi sunnah, maka dialah bid’ah yang tercela.”
Kedua , riwayat melalui jalur Imam Al-Baihaqi dalam Manaqib Imam Syafi’i menulis :

الْمُحْدَثَاةُ ضَرْبَانِ مَا أُحْدِثَ يُخَالِفُ كِتَابًا أَوْ سُنَّةً أَثَرًا أَوْ إِجْمَاعًا فَهذِهِ بِدْعَةُ الضَّلَالَةِ وَمَا أُحْدِثَ مِنَ الْخَيْرِ لَا يُخَالِفُ شَيْئًا مِنْ ذلِكَ فَهذِهِ بِدْعَةُ غَيْرُ مَدْمُوْمَةٍ
            “Perkara-perkara baru itu ada dua macam. Pertama perkara-perkara baru yang menyalahi Al-Qur’an, Hadits, Atsar, atau Ijma’. Inilah bid’ah dlalalah. Kedua adlah perkara-perkara baru yang mengandung kebaikan dan tidak bertentangan dengan salah satu dari yang disebutkan tadi, maka bid’ah yang seperti ini tidaklah tercela”.

2.       Syaikh Al-Hadidi dalam kitab Syarah Najhul Balaghah, eliau berkata sebagai berikut:
“Lafadz bid’ah dipakai untuk dua pngertian : 1. Sesuatu yang bertentangan dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah seperti puasa pada Hari Raya Qurban dan pada hari-hari tasyriq. Perbuatan tersebut walaupun puasa akan tetapi dia terlarang dilakukan. 2. Sesuatu yang tidak ada keterangan nash pada padanya melainkan didiamkan oleh syara’, lalu dilakukan oleh kaum muslimin sesudah wafatnya Rasulullah Saw. Dan apa yang diriwayatkan dari Nabi Muhammad Saw, bahwa “tiap-tiap bid’ah itu sesat, dan setiap yang sesat ada dalam neraka” itu dimaksudkan untuk bid’ah sesuai dengan pengertiannya yang pertama. Sedangkan perkataan Umar ra, dalam hal shalat tarawih: “Sesungguhnya shalat tarawih dengan berjama’ah itu adalah bid’ah dan sebaik-baik bid’ah adalah ini” dimaksudkan untuk bid’ah berdasarkan pengertian yang kedua”.

3.       Imam Nawawi rahimahullah. Beliau berkata dalam Syarah Muslim jilid IV / 154 sebagai berikut :
Sabda Nabi : Setiap bid’ah itu sesat” adalah hadits ‘Am Makhshush (Umum tetapi Dikhususkan). Yang dimaksud sesat disitu adalah kebanyakan bid’ah. Para ahli bahasa berkata: “Bid’ah adalah segala sesuatu yang dikerjakan dengan tanpa ada contoh yang mendahuluinya. Para ulama’ berkata, bid’ah itu ada lima macam : Wajib, Sunnah, Haram, Makruh, dan Mubah. Termasuk bid’ah yang wajib adalah menyusun dalil-dalil ulama’ Mutakallimin untuk menolak mereka yang melakukan penyimpangan aqidah dan para pelaku bid’ah dan sejenisnya. Termasuk Mandub (dianjurkan) adalah menyusun  kitab-kitab ilmu, membangun madrasah dan tempat-tempat pengajian dan lain-lainnya. Termasuk bid’ah Mubah adalah memperbanyak berbagai macam makanan dan lainnya. Sedangkan bid’ah yang Haram dan Makruh sudah jelas. Masalah ini telah aku jelaskan dengan dalil-dalilnya dalam kitab “Tahdzibul Asma’ Was-Shifat”.
Jadi bukti bahwa hadits Nabi diatas termasuk hadits yang ‘Am makhshush dan begitu juga dengan hadits-hadits yang serupa dengannya, adalah apa yang dilakukan Umar bin Khattab ra, dalam hal shalat tarawih yang dilakukan secara berjama’ah : “Sebaik-baik bid’ah adalah ini (yakni Shalat Tarawih dengan berjama’ah).” Keadaan hadits itu sebagai hadits yang ‘am makhshush tidaklah tercegah oleh sabda Nabi “Kullu bid’atin dlolalah” yang diperkuat oleh kata “Kullu” ini.
Sama halnya firman Allah : “Tudammiru kullu syai’in” (Angin topan itu menghancurkan segala sesuatu). Pada ayat ini walaupun ada lafazh “kullu” (segala/ setiap/ semua) yang menunjuk makna umum tapi tetap dimasuki oleh takhshish (pengkhususan) karena yang dihancurkan oleh angin topan itu memang bukan segala sesuatu. Terbukti langit, bumi dan gunung-gunung tidak ikut hancur.
4.       Al-Hafidz Ibnu Hajar. Beliau berkata dalam Fathul Barri juz: IV / 318 sebagai berikut :
“Pada asalnya, bid’ah itu berarti sesuatu yang diadakan dengan tanpa ada contoh yang mendahului. Menurut syara’ bid’ah itu dipergunakan untuk yang bertentangan dengan sunnah, maka jadilah dia tercela. Yang tepat bahwa bid’ah itu apabila dia termasuk diantara sesuatu yang dianggap bak menurut syara’ maka dia menjadi baik dan jika dia termasuk diantara sesuatu yang dianggap jelek oleh syara’ maka dia menjadi jelek. Jika tidak begitu, maka dia termasuk bagian yang mubah. Dan terkadang bid’ah itu terbagi kepada hukum-hukum yang lima.
            Dari beberapa penjelasan ulama’ diatas dapatlah diambil kesimpulan bahwa tidak semua perkara baru yang kita diadakan tanpa ada petunjuk atau contoh dari Rasulullah Saw, otomatis menjadi bid’ah yang sesat. Hal ini sebagaimana yang akan dibuktikan nanti dengan banyaknya perkara-perkara baru yang diprakasai oleh para sahabat dibenarkan dan disetujui oleh Nabi Saw. Padahal beliau sendiri tidak pernah melakukan apalagi memerintahkannya.
            Bid’ah atau sesuatu yang baru hanyalah bisa dihukumi sebagai bid’ah yang sesat manakala ia termasuk diantara prakarsa-prakarsa yang jelek (Sayyi’ah) yaitu apabila dia bertentangan dengan dalil-dalil dari Al-Qur’an dan Al-Hadits. Didalam al-Qur’an surat Al-Kahfi ayat 79 ketika Allah menceritakan kisah Nabi Musa as, dengan Khidhir, Allah berfirman :
أما السّفينة كانت لمساكين يعملون في البحر فأردت أن أعيبها وكان وراءهم مالك يأخذ كل سفينة غصبا
“Adapun perahu itu, maka dia adalah miliknyaorang-orang miskin yang bermata pencaharian di lautan dan aku bertujuan merusaknya karena dibelakang mereka terdapat seorang raja yang suka merampas semua perahu”.
            Ayat diatas adalah penjelasan Khidhir kepada Nabi Musa as tentang sikapnya yang membocorkan beberapa perahu yang ditemuinya. Beliau menjelaskan bahwa langkah itu sengaja ditempuhnya untuk menyelamatkan perahu-perahu itu dari tindakan seorang raja yang suka merampas perahu. Ini menunjukan bahwa tidak semua perahu yang akan dirampas oleh raja itu, melainkan perahu yang masih dalam kondisi baik saja. Hal ini terbukti dengan langkah Khidir yang membocorkan perahu milik orang-orang miskin itu dengan tujuan agar tidak terkesan sebagai perahu sehingga tidaklah dia akan dirampas oleh raja itu. Dengan kata lain, bahwa asafinah disitu tidak bersifat umum dalam arti tidak semua safinah yang akan dirampas oleh raja melainkan Safinah Hasanah saja walaupun didalam ayat itu disebut Kulla Safinah (semua perahu).
            Pemahaman semacam inilah yang tepat berdasarkan zauq lughawi (sensivitas bahasa) dan qoroo’inul ahwal (indikasi yang mendahuluinya) yang dalam hal ini adalah sikap Khidir yang terlebih dahulu membocorkan perahu oran-orang miskin itu agar terkesan sebagai Safinah Sayyi’ah (perahu yang jelek). Kalau tidak ada indikasi seperti itu, maka perahu yang akan dirampas oleh raja itu menjadi umum sifatnya yakni semua perahu, yang baik ataupun yang jelek (tanpa terkecuali). Dan ini tidak terjadi.
            Begitulah juga keadaannya dengan hadits Nabi yang mengatakan : “Setiap bid’ah itu sesat”. Dikarenakan adanya beberapa keterangan dan restu Nabi atas banyak perkara yang merupakan prakarsa para sahabat sedangkan beliau sendiri tidak pernah melakukan apalagi memerintahkan, ditambah lagi dengan hadits Nabi : “Orang yang menggagas suatu kebaikan aklan mendapatkan pahala lantaran gagasannya itu dan juga pahala orang-orang yang mengikuti gagasan tersebut”. Maka para ulama’ menarik kesimpulan bahwa bid’ah yang dicap sesat adalah prakarsa-prakaarsa jelek (bid’ah sayyi’ah) yang bertentangan dengan Al-Qur’an maupun Hadits.

"Wallahu A'lam Bish Shawaab"
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Join Ya Sob....

Untuk menjalin Silaturahim diniatkan Lillaahi Ta'ala...

Salam Penulis :

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Blog ini sengaja saya buat sebagai salah satu media silaturahim dan agar dapat saling bertukar fikiran (sharing) tentang ilmu yang kita miliki... Apabila terdapat kata-kata yang kasar dan terlihat kurang sopan, Saya minta ma'af yang sebesar-besarnya... semoga bermanfa'at dan kita bisa mengamalkan ilmu yang kita miliki... "Wallaahu A'lam Bish_Shawaab..." وَاَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ